Gembleng Marhaen Lewat Rakor 3 Pilar demi Ekonomi Kerakyatan

Gembleng Marhaen Lewat Rakor 3 Pilar demi Ekonomi Kerakyatan
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri (kiri) saat menerima gelar kehormatan doktor honoris causa dari Presiden Mokpo National University, Choi Il (tengah). Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan berencana menggelar rapat koordinasi tiga pilar untuk mengukuhkan upaya mewujudkan ekonomi gotong royong sebagaimana cita-cita Trisakti gagasan Bung Karno. Melalui rapat koordinasi yang melibatkan unsur pengurus, kader di eksekutif dan legislatif, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan menggenjot upaya mewujudkan Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi.

Komitmen PDIP mewujudkan ekonomi gotong royong makin menggebu setelah Megawati menerima gelar doktor honoris causa (Dr HC) dari Mokpo National University Korea Selatan atas jasanya bagi demokrasi ekonomi karena mendorong perekonomian kerakyatan berasas Pancasila, Kamis (16/11). Rencananya, Rakor 3 Pilar PDIP itu akan digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten pada 15-17 Desember 2017.

"Menggabungkan tiga pilar partai, bergotong royong membangun konsep kerja untuk menggerakkan roda ekonomi rakyat dalam prinsip berdikari sebagaimana diajarkan Bung Karno menjadi dasar kami melaksanakan acara ini," ujar Ketua DPP Bidang Ekonomi Kerakyatan Mindo Sianipar di Jakarta (17/11).

Nantinya, tema Rakor Tiga Pilar PDIP adalah Berdiri di Atas Kaki Sendiri Untuk Indonesia Raya. Sedangkan subtemanya adalah Ekonomi Gotong Royong dalam Praktik.

Lebih lanjut Mindo mengatakan, rakor tiga pilar partainya tak melulu membahas upaya mewujudkan ekonomi gotong royong. Sebab, dalam rakor itu juga akan ada pameran ratusan produk karya anak bangsa yang bersumber dari kekayaan negeri sendiri.

Pameran itu akan menampilkan 1.000 model usaha berbasis ekonomi kerakyatan. Misalnya, usaha pertanian, perikanan darat, peternakan sapi, holtikultura hingga bisnis kuliner.

Kisah sukses ekonomi kerakyatan juga akan dipaparkan oleh narasumber-narasumber yang telah berhasil mempraktikannya. Dengan demikian, kader-kader PDIP yang pulang dari rakor tiga pilar bisa menerapkan ilmu yang diperoleh demi kemajuan ekonomi kerakyatan daerah masing-masing.

Mindo menambahkan, ada alasan kuat yang mendasari pameran di sela-sela Rakor Tiga Pilar PDIP mengutamakan produk-produk dalam negeri. Yakni menularkan ilmu tentang ekonomi kerakyatan ke kader-kader PDIP.

PDI Perjuangan berencana menggelar rapat koordinasi tiga pilar untuk mengukuhkan upaya mewujudkan ekonomi gotong royong sebagaimana cita-cita Trisakti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News