Gempa Besar Kembali Landa Tiongkok

Gempa Besar Kembali Landa Tiongkok
Warga Sichuan di antara puing bangunan rumah meka yang hancur karena gempa. Foto: Reuters.
BEIJING – Gempa berkekuatan besar kembali melanda selatan Tiongkok di provinsi Sichuan dan Yunnan akhir pekan lalu. Media setempat melaporkan setidaknya 28 orang tewas dan 350 orang terluka, tiga orang hilang. Gempa tersebut juga menghancurkan 100 ribu rumah dan sekitar 600 ribu lainnya terdampak.

Menurut survei badan Geologi AS melaporkan gempa melanda kota Panzhihua dengan guncangan sebesar 5,6 skala richter, Sabtu (30/8). Namun menurut pemerintah mencapai 6,1 skala richter. Pusat gempa terjadi Sabtu sekitar pukul 4.30 waktu setempat, sekitar 20 mil (26 kilometer) Panzhihua di dekat perbatasan Shicuan - Yunnan. Guncangan mencapai kedalaman 6 mil (7,8 kilometer) .   

Tim penyelamat mendirikan tenda, menyediakan makanan dan air untuk para korban. Kantor berita Xinhua menyatakan sekitar 30 ribu orang dievakuasi dari Panzhihua setelah terjadi lebih dari 300 guncangan dikawasan itu.

Menyusul gempa tersebut Sabtu, 20 orang dinyatakan tewas di desa Huili county dipinggir kota Panzhihua. Sedangkan tiga lainnya ditemukan tewas di didalam kota dan lima lainnya di provinsi Yunnan.

Besarnya kerugian atau kerusakan setelah gempa belum dilaporkan. Media televisi pemerintah menayangkan besarnya kerusakan dan banyak rumah-rumah yang hampir roboh di kawasan pegunungan dimana reruntuhan dan lumpur menyebar di seluruh kawasan itu.

Pemerintah telah melakukan respon darurat, meluncurkan tenaga penyelamat termasuk militer, polisi dan pasukan pemadam kebakaran. Upaya penyelamatan itu terkendala hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut. Sepanjang Minggu tenaga penyelamat melakukan pencarian dan menggali korban.

Xinhua melaporkan petugas pemadam kebakaran berhasil menarik dan menyelamatkan empat orang yang terkubur puing-puing dinding yang ambruk di desa Huili. Banyak jalan di pegunungan itu tertutup akibat gempa. Tim penyelamat membersihkan puing-puing dan debu untuk menjangkau pedesaan yang terpencil.

Lebih dari 10 waduk di kawasan itu hancur, seperti sebagian besar jalan, jaringan rel kereta api, dan sambungan listrik turut padam. Sekitar 130 ribu rumah rusak atau hancur di provinsi Yunnan. Di Panzhihua sebanyak 38 ribu rumah hancur. Ditambahkan 656 sekolah turut hancur. 

BEIJING – Gempa berkekuatan besar kembali melanda selatan Tiongkok di provinsi Sichuan dan Yunnan akhir pekan lalu. Media setempat melaporkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News