Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Pulau Nias

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Pulau Nias
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, MEDAN - Gempa bumi berkekuatan 4,7 skala Richter mengguncang wilayah Gunung Sitoli, Nias dan Nias Barat pada Jumat (31/5) sekitar pukul 21:06:03 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini terletak pada koordinat 1.16 LU dan 97.23 BT, atau berlokasi di laut, 26 km Barat Daya Lahewa, Nias Utara – SUMUT pada kedalaman 20 km.

Baca: Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Masyakarat Sabar Tunggu Putusan MK

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si, dalam rilisnya yang diterima Sumut Pos, Jumat.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Guncangan gempabumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Gunungsitoli, Kab. Nias Barat, Kab. Nias (SUMUT) II – III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” lanjutnya.

Baca: Tanggapi Curhatan SBY, Fadli Zon: Tidak Usah Baper, Saya Setiap Hari Di-bully

Gempa bumi berkekuatan 4,7 skala Richter mengguncang wilayah Gunung Sitoli, Nias dan Nias Barat pada Jumat (31/5) sekitar pukul 21:06:03 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News