Sopir Angkutan Mudik Lebaran akan Jalani Tes Urine Pekan Ini

Sopir Angkutan Mudik Lebaran akan Jalani Tes Urine Pekan Ini
Tes Urine. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com/JPG

jpnn.com, MEDAN - Pemeriksaan kondisi kendaraan angkutan umum akan mulai dilakukan pada hari ini, 29 Mei besok, menjelang Hari Raya Idulfitri 2019.

Selain itu, seluruh sopir bus AKDP dan AKAP bakal dites urine, dalam rangka memastikan kesehatan mereka.

Koordinator Posko Pemantauan dan Pengawasan Angkutan Lebaran 2019 Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Agustinus Panjaitan, mengatakan pengecekan kendaraan dan tes urine sopir angkutan akan melibatkan instansi terkait.

Seperti Balai Kesehatan, Balai Pengelola Transportasi Darat, BNN, Polda Sumut dan lainnya.

Baca: Tanggapi Curhatan SBY, Fadli Zon: Tidak Usah Baper, Saya Setiap Hari Di-bully

“Tes urine diberlakukan ke seluruh sopir, sebelum mengangkut penumpang pada arus mudik dan arus balik Lebaran,” katanya menjawab Sumut Pos, Minggu (26/5).

Menurut dia, kebanyakan para sopir mengaku memakai narkoba sebagai pelecut tenaga selama mengemudi. Karena itu pihaknya melibatkan BNN untuk melakukan tes urine di seluruh terminal, supaya tidak lagi ada kejadian kecelakaan dikarenakan pemakaian narkoba.

Dishub Sumut juga akan melakukan monitoring tarif berdasarkan ketentuan yang lama. Sebab setiap tahun didapati keluhan masyarakat atas penerapan tarif dari pihak perusahaan transportasi.

Pemeriksaan kondisi kendaraan angkutan umum akan mulai dilakukan pada hari ini, 29 Mei besok, menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News