Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Sejumlah Daerah di Sumbar

Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Sejumlah Daerah di Sumbar
Gempa. Foto ilustrasi: dokumen jawapos

jpnn.com, MENTAWAI - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah daerah di Sumatera Barat, pada Kamis (28/2) lalu.

Gempa yang berpusat di laut Kabupaten Kepulauan Mentawai itu merusak ratusan rumah dan melukai puluhan warga. Tepatnya di zona Megathrust.

Sekitar pukul 21.18 WIB, warga Kepulauan Mentawai dikejutkan guncangan gempa tektonik berkekuatan 5,1 SR yang kemudian dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 4,9 SR.

Episentrum gempa berlokasi di laut wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera pada jarak 24 km arah tenggara Kota Tuapejat, Mentawai pada kedalaman 35 km. Gempa tadi malam juga dirasakan banyak warga di Kota Padang dan sejumlah daerah lainnya di Sumbar.

Pantauan Padang Ekspres, gempa tersebut dirasakan cukup kuat terasa di kawasan Tuapejat, pusat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Gempa sempat membuat sejumlah warga yang tinggal di sekitar pantai Jati Tuapejat kilometer 0 menjadi panik. Sabagian memilih mengungsi ke rumah tetangga yang jauh dan berada di ketinggian.

”Gempanya cukup kuat dan lama. Terjadi sebanyak dua kali goyangan. Untuk sementara, lebih baik mengungsi dulu, guna menghindari ancaman gempa susulan,” ungkap Redi, 33, salah seorang warga dusun Jati Tuapejat.

Menurut dia, warga mengungsi karena masih khawatir terhadap isu prediksi akan terjadinya gempa besar yang beredar beberapa waktu lalu. Bahkan, sejak adanya isu tersebut, kata Redi, aktivitas pengunjung atau wisatawan ke Pantai Jati saat libur cenderung menurun.

Iren, 28, salah seorang warga Tuapejat lainnya kepada wartawan mengaku, gempa yang terjadi cukup mengagetkan. Apalagi, guncangan kuat dirasakan saat dirinya istirahat tadi malam. Namun demikian, dirinya mengaku tidak terlalu khawatir karena ada informasi dari BMKG yang menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami. Selain itu, BMKG juga telah membantah prediksi terjadinya gempa besar beberapa waktu lalu dengan menyebutkan bahwa gempa tidak bisa diprediksi kapan dan di mana akan terjadinya. Kita harus bijak dalam menerima informasi.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah daerah di Sumatera Barat, pada Kamis (28/2) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News