Gempa di Cianjur, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada dan Tidak Panik

Gempa di Cianjur, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada dan Tidak Panik
Gempa besar guncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, CIANJUR - Gempa bumi sempat melanda sebagian wilayah Cianjur, Jawa Barat pada hari ini, Senin (5/2).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh dua kali gempa.

Namun, BPBD mengimbau warga tetap waspada dan tidak panik.

"Hingga Senin siang tidak ada laporan kerusakan yang menimpa bangunan atau fasilitas lainnya. Namun guncangan gempa pertama 2,9 magnitudo cukup terasa di empat kecamatan tersebut, sedangkan yang kedua 2,1 magnitudo tidak terlalu terasa," kata Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya, Senin.

Dia mengatakan sejumlah petugas langsung disebar ke sejumlah wilayah yang dinilai merasakan getaran gempa cukup keras, seperti Cugenang, Cianjur, Pacet dan Warungondang, guna melakukan pendataan.

Pihaknya tetap menyiagakan petugas dan relawan guna memastikan tidak ada dampak dari dua kali gempa yang terjadi Senin pagi, meski laporan warga sempat panik berhamburan ke luar rumah, terutama siswa di sejumlah sekolah.

"Waspada harus, tetapi jangan panik karena informasi dari BMKG gempa yang terjadi tidak menyebabkan kerusakan, namun getarannya cukup membuat panik warga terutama di wilayah Cianjur dan Cugenang," katanya.

Berdasarkan data dari BMKG tercatat gempa berkekuatan magnitudo 2,9 terjadi Senin pukul 08.25 WIB dengan pusat gempa berada di 6,79 Lintang Selatan - 101.08 Bujur Timur atau tujuh kilometer di barat laut Cianjur di kedalaman enam kilometer.

Gempa bumi sempat melanda sebagian wilayah Cianjur, Jawa Barat pada hari ini, Senin (5/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News