Gempa Guncang Kepulauan Mentawai

Gempa Guncang Kepulauan Mentawai
Iustrasi - BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kepulauan Mentawai. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gempa bumi mengguncang pantai barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (31/5).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang mengguncang Mentawai berkekuatan magnitudo 5,3.

Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,93 lintang selatan dan 98,57 bujur timur.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 kilometer arah barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 35 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia," ujar Daryono dalam keterangannya.

Dia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa terjadi pada pukul 07.58.38 WIB, menimbulkan guncangan di daerah Siberut Barat, Kepulauan Mentawai dengan skala intensitas IV MMI (Modified Mercally Intensity).

BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kepulauan Mentawai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News