Gempa Kubur Lukisan Karya Bung Karno

Gempa Kubur Lukisan Karya Bung Karno
Gempa Kubur Lukisan Karya Bung Karno
PADANG -- Gempa yang terjadi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) juga mengubur lukisan asli karya Bung Karno yang tersimpan di gedung Pustaka Daerah Sumbar, di Jalan Diponegoro, Padang. Jika lukisan asli karya Presiden RI pertama ini tidak ditemukan, berarti saat ini lukisan asli Bung Karno hanya tersisa yang ada di Blitar. Pasalnya, menurut informasi, lukisan karya Bung Karno hanya ada di dua lokasi yakni di Pustaka Sumbar dan di Blitar.

Hingga saat ini, upaya evakuasi terhadap lukisan yang punya nilai sejarah cukup tinggi itu terus dilakukan." Soalnya, sejak beberapa tahun lalu, pemerintah melarang memperbanyak dan memperjual belikan lukisan asli Bung Karno dimaksud," terang beberapa staf Pustaka Daerah yang ikut membantu proses evakuasi. Barang-barang berharga lainnya yang disimpan di gedung yang ikut roboh itu diupayakan untuk ditemukan.

Di gedung Pustaka Daerah Sumbar tidak hanya berisi buku-buku ilmu pengetahuan kekinian, tapi juga dipajang sejumlah buku bersejarah bangsa. Mulai dari buku sejarah Minang Kabau tempo doloe, sampai buku perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Buku Sejarah Minang Kabau itu antara lain buku sejarah perjalanan suku Minang Kabau, ranji dan soal adat Minang Kabau.

Di gedung pustaka terbesar di Sumbar itu, juga tersimpan Al Quran kuno yang ditulis tangan dengan menggunakan tinta emas. Konon, Al Quran gundul (tanpa baris, red) itu, tidak semua orang yang bisa mengangkatnya. Hingga pencarian hari ketiga itu, belum bisa dideteksi apakah sejumlah buku dan karya seni memiliki nilai sejarah itu sudah terevakuasi. Soalnya, sudah ada muatan 14 truk yang mampu diangkat dan  dibawa ke tempat penampungan sementara di gedung Arsip dan Pustaka Wilayah, di Jalan Khatib Sulaiman. Barang-barang itu belum dirinci satu-persatu. Bagi para petugas di gedung Arsip dan Pustaka Wilayah, yang terpenting buku-buku itu dipindahkan dulu ke tempat yang aman. "Nanti setelah ini, baru dilakukan seleksi per buku," sebut sejumlah petugas.

PADANG -- Gempa yang terjadi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) juga mengubur lukisan asli karya Bung Karno yang tersimpan di gedung Pustaka Daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News