Gempa Solsel: 479 Unit Rumah Rusak, Kerugian Capai Rp 25,6 Miliar

Gempa Solsel: 479 Unit Rumah Rusak, Kerugian Capai Rp 25,6 Miliar
Gempa. Foto ilustrasi: dokumen jawapos

jpnn.com, SOLSEL - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyebabkan sebanyak 479 unit rumah warga rusak.

Ratusan rumah rusak tersebut tersebar di tujuh nagari dalam Kecamatan Sangir Balai Janggo, Sangir Batanghari dan Sangir Jujuan.

Sedangkan fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah, sarana kesehatan, kantor dan kios yang rusak 15 unit.

Total kerugian akibat bencana gempa berkekuatan 4,8 SR pukul 01.55 WIB dan 5,3 SR pukul 06.27 WIB yang mengguncang Solsel pada Kamis (28/2), mencapai lebih dari Rp 25,6 miliar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan (Solsel), Johny Hasan Basri menyebutkan, untuk layanan kesehatan pascagempa di masa tanggap darurat ini, sudah didirikan lima titik posko.

Yakni di Puskesmas Mercu, Puskesmas Abai, Puskesmas Talunan, Puskesmas Bidaralam dan Posko Kesehatan TNI. ”Saat ini, terdapat sebanyak 61 orang korban luka yang dirawat di puskemas dan satu orang dirujuk ke rumah sakit,” kata Basri.

Pemkab bersama para relawan siaga bencana dan sejumlah instansi lainnya seperti dari TNI dan Polri membantu mendirikan tenda pengungsian serta membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan.

Di samping itu, juga mendirikan dapur umum dan menyediakan makanan berupa nasi bungkus kepada korban gempa.

Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyebabkan sebanyak 479 unit rumah warga rusak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News