Gen Z Rentan Kena Serangan Gatal Akibat Cuaca & Polusi, Dokter Spesialis Beri Solusi 

Gen Z Rentan Kena Serangan Gatal Akibat Cuaca & Polusi, Dokter Spesialis Beri Solusi 
Gen Z sangat rentan kena serangan gatal akibat perubahan cuaca & polusi, para dokter spesialis kulit memberikan solusi. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gen Z dengan rentang usia 13-27 tahun, merupakan kelompok rentan terkena serangan gatal. Hal ini karena Gen Z memiliki mobilisasi tinggi di tengah kondisi paparan cuaca dan polusi ekstrem. 

Manager Operation Klinik Pramudia Anthony Paul Christianmengatakan sebagai Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin yang terpercaya, Pramudia berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh pasien, salah satunya pasien Gen Z.

Pada kondisi cuaca ekstrem serta polusi yang berlebih saat ini, tidak jarang kondisi kulit pun bisa berubah apalagi Gen Z yang aktif melakukan kegiatan outdoor.

Secara medis, keluhan kulit gatal ini selain menurunkan kualitas hidup, bisa juga berkembang menjadi tanda timbulnya penyakit kulit lain seperti eksim dan dermatitis atopik.

"Salah satu upaya yang kami berikan dalam mengatasi permasalahan ini adalah pengobatan yang komprehensif dan inovatif, serta  edukasi pencegahan penyakit oleh tim dokter spesialis kami kepada para pasien,” jelas Anthony Paul Christian, Manager Operation Klinik Pramudia dalam media briefing di Jakarta, Rabu (22/11).

Spesialis Dermatologi dan Venereologi Klinik Pramudia dr. Amelia Soebyanto, Sp.DV, menyatakan kulit gatal merupakan sensasi tidak nyaman pada kulit yang dirasakan seseorang dan menimbulkan keinginan untuk menggaruk. 

Gatal bisa dikatakan sebagai keluhan kulit terbanyak pada praktik dokter spesialis kulit dan kelamin, apalagi kondisi cuaca dan polusi ekstrem saat ini. Hal ini karena polusi secara langsung dapat merusak fungsi barier kulit yang berpengaruh terhadap kekambuhan beberapa penyakit kulit yang sudah ada sebelumnya, seperti eksim atopik.

Eksim atopik sendiri, tambahnya, merupakan kelainan kulit di mana terdapat gangguan pada barier kulit dan diperparah dengan sensitivitas respons imun yang lebih tinggi terhadap bahan iritan. Faktor yang memperberat gejala eksim atopik ini yaitu adanya perubahan suhu, kelembapan, dan paparan sinar. 

Gen Z sangat rentan kena serangan gatal akibat perubahan cuaca & polusi, para dokter spesialis kulit memberikan solusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News