Gencarkan Operasi, Bea Cukai Sita 10 Juta Batang Rokok Ilegal

Gencarkan Operasi, Bea Cukai Sita 10 Juta Batang Rokok Ilegal
Bea Cukai akan terus menggencarkan pengawasan dan penindakan terhadap rokok ilegal. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus menggencarkan pengawasan dan penindakan penyelundupan rokok ilegal di berbagai wilayah pengawasan seperti Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Jateng-DIY), Surakarta, dan Cirebon, Jawa Barat.

Bea Cukai di lingkungan Jateng-DIY hingga 19 Februari 2021 telah melakukan 40 penindakan rokok ilegal. Jumlah rokok yang diamankan lebih dari 9 juta batang, dengan nilai mencapai Rp 9,12 miliar. Potensi kerugian negara yang diselamatkan mencapai Rp 5,99 miliar.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Jateng-DIY Moch Arif Setijo Nugroho mengatakan bahwa pihaknya akan lebih intensif lagi melakukan penindakan rokok ilegal di 2021 ini. "Koordinasi internal dalam wilayah, antarwilayah dan nasional akan makin intensif," kata Arif di kantornya, Kamis (25/2).

Arief Setijo Nugroho menambahkan sinergi dengan aparat terkait juga lebih ditingkatkan. "Demikian juga dengan pemda dalam rangka pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT),” ujarnya.

Ia menegaskan industri yang melakukan pelanggaran akan dilakukan penindakan dan diberikan sanksi sesuai ketentuan berlaku. Menurut Arif, sanksi tersebut dapat berupa administrasi dan atau pidana.

Arif mengimbau masyarakat agar tidak mengonsumsi dan mengedarkan rokok ilegal. "Karena, penindakan akan dilakukan kepada siapa saja baik itu pengedar maupun produsen,” ungkap Arif.

Sementara itu, Bea Cukai Surakarta mengamankan sebanyak 1.632.000 batang rokok yang dilekati pita cukai bekas. Rokok itu diangkut pelaku menggunakan truk di Rest Area Tol Solo-Ngawi KM 519B, Masaran, Sragen, Jateng.

Penindakan atas rokok ilegal kali ini berpotensi merugikan negara sebesar Rp1.093.962.240.  Rokok ilegal dan truk yang mengangkutnya, beserta kedua sopir saat ini berada di bawah pengawasan Bea Cukai Surakarta untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Bea Cukai akan terus menggencarkan kegiatan Operasi Gempur Rokok Ilegal pada 2021 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News