Genjot Konversi Tanaman, Target Laba Dinaikkan

Genjot Konversi Tanaman, Target Laba Dinaikkan
Direktur Utama PTPN VIII Dadi Sunardi. Foto: Yessy Astrada/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII menargetkan laba bersih sebesar Rp 188 miliar pada 2014 mendatang. Target itu meningkat 29,65 persen dibanding tahun 2013 yang diproyeksikan mencapai Rp 145 miliar.

Direktur Utama PTPN VIII Dadi Sunardi, meyakini perseroan yang dipimpinnya dapat mencapai target tersebut dari hasil konversi tanaman kebun. "Laba tahun depan (2014) akan dipicu peningkatan pendapatan dari hasil konversi tanaman kebun dan perkiraan membaiknya harga komoditi di pasar internasional," ujarnya di Jakarta, Minggu (8/12).

Saat ini, PTPN VIII dengan wilayah usaha di Jawa Barat memiliki tanaman kebun karet seluas 22 ribu hektare, kebun teh 26 ribu hektare, sawit 18 ribu hektare. "Mulai tahun ini kami ekspansi komoditi kebun dengan menanam pohon manggis dan durian pada lahan masing-masing seluas tiga ribu hektare," kata Dadi.

Karenanya, PTPN VIII tengah gencar mengembangkan bisnis baru dengan menkonversi sebagian lahan tanaman teh menjadi tanaman buah yaitu manggis, durian, pisang dan pepaya. "Ini untuk mengurangi ketergantungan dari pasar komoditas luar negeri, pada komoditas teh dan sawit yang sangat rentan terhadap kondisi ekonomi dunia," tegasnya.(chi/jpnn)

JAKARTA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII menargetkan laba bersih sebesar Rp 188 miliar pada 2014 mendatang. Target itu meningkat 29,65 persen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News