Geo Culture Trek di Lembang Tawarkan Sensasi Baru

Geo Culture Trek di Lembang Tawarkan Sensasi Baru
Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) bersama alumni ITB Tahun 1981 ketika memperkenalkan Geo Culture Trek di Lembang, Kabupaten Bandung, Sabtu (6/8). Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com - LEMBANG – Sedikitnya 380 alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1981 pada Sabtu (6/8) menjajal sekaligus memperkenalkan trek baru untuk berolahraga dan berwisata. Namanya, Geo Culture Trek, yang berjarak 2,7 kilometer di Gunung Batu, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung.

Ketua Alumni ITB 81 Arlan Septia mengatakan, trek itu menjanjikan sensasi tersendiri. “Ini adalah salah satu dari komitmen kami berbuat sesuatu untuk pariwisata,” katanya di Lawangwangi Café, Lembang.

Arlan menyebut lokasi trekking itu cukup menantang. Medannya naik turun menyusuri perbukitan sehingga bisa menjadi destinasi wisata petualangan keluarga yang seru. Udara paginya juga sejuk dan khas.  

“Setelah trekking dilanjut dengan aktivitas seni budaya, pameran, dan mendongeng buat anak-anak. Kini saatnya kami memperbanyak amal, menimbun pahala, membantu pariwisata,” kata Arlan.  

Rute Geo Culture Trek Rute diawali dari Gunung Batu menuju Desa Seni Cilanguk, dilanjutkan ke Vilatel Salse dan Warung Salse di Jalan Dago Giri, Desa Mekarwangi, dan berakhir di Lawangwangi. Tak ada yang mengeluh. Semuanya happy di tengah kesejukan udara di kawasan perbukitan itu. Jalur trekking ini akan menjadi tempat olahraga petualangan yang keren dan menyehatkan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang kebetulan alumnus Teknik Elektro ITB 1980 pun menyambut positif gerakan para adik kelasnya itu. Dia lantas menceritakan rumus ECE atau environment, community dan economic value dalam sustainable tourism development (STD) yang pas untuk menggambarkan Geo Culture Trek itu.

“Kalau environment tentu sudah banyak ahlinya di sini, makanya membuat istilah Geo Culture Trek itu. Saya tidak perlu bicara lagi,” kata Arief.

Begitu juga Community, yang menurut Arief sudah dilakukan dengan pameran dan seni budaya di Lawangwangi itu. Tinggal economic value yang masih belum berkembang dengan baik.

LEMBANG – Sedikitnya 380 alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1981 pada Sabtu (6/8) menjajal sekaligus memperkenalkan trek baru untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News