Gerakan Indonesia Bersih, Sudahkah Kamu Tertib Buang Sampah?

Gerakan Indonesia Bersih, Sudahkah Kamu Tertib Buang Sampah?
Launching Gerakan Indonesia Bersih dalam Rakernas HPSN 2019. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih 2019 bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 hari ini Kamis (21/2).

Program Gerakan Indonesia Bersih ini harus dilaksanakan di seluruh pelosok.

Karena itu pemerintah mengumpulkan para kepala daerah seluruh Indonesia hari ini dalam rapat kerja nasional (Rakernas) pusat dan daerah untuk membahas langkah-langkah Gerakan Indonesia Bersih secara lengkap di Kementerian Lingkungan dan Kehutanan.

Rakernas ini dipimpin Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala BPN Bambang Brodjonegoro dan Wamen ESDM Archandra Tahar di Manggala Wanabakti.

"Masalah sampah di Indonesia ini bukan masalah sederhana. Ada berton-ton sampah tiap tahun. Karena itu kita buat Gerakan Indonesia Bersih," tegas Menteri Luhut saat membuka kegiatan Rakernas tersebut.

Dalam rakernas itu para menteri menyampaikan tentang Revolusi Mental Kebersihan sebagao salah satu gerakan serta manfaat hidup bersih, sehat dan bernilai budaya.

Selain itu di hadapan para kepala daerah, para mentero menyampaikan kebijakan umum dan strategis sektoral terkait pengelolaan sampah sesuai peraturan presiden dan inpres serta sosialisasi kebijakan lainnya.

"Rapat kerja ini bertujuan mengajak semua pihak mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian pengelolaan sampah dengan memanfaatkan momentum Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019. Rapat Kerja diharapkan bisa menjadi katalis dan medium sinergi nasional untuk meningkatkan dampak dan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia. Adapun tema Hari Peduli Sampah Nasional 2019 adalah : Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai," tutur Menteri Siti.

Gerakan Indonesia Bersih meningkatkan dampak dan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News