Pemerintah Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih untuk Masyarakat Sehat

 Pemerintah Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih untuk Masyarakat Sehat
Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah akan meluncurkan Gerakan Indonesia Bersih dalam rangka momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Hal tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (19/2).

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dihadiri oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dan pejabat terkait.

Menteri Luhut mengharapkan agar gerakan ini menjadi gerakan yang masif dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras.

Hal tersebut dikarenakan sampah bisa berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak.

Menteri LHK, Siti Nurbaya menjelaskan gerakan ini rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan HPSN 2019 pada 21 Februari 2019 pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih di Gedung Manggala Wanabakti lusa (21/9). 

Terkait Rakernas Indonesia Bersih, Menteri Siti menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, baik dari kebijakan sektor dan daerah.

Tidak kalah penting, melalui Rakernas ini juga diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Menteri Siti melanjutkan, Gerakan Indonesia Bersih bisa diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah.

Mengubah perilaku untuk menjadi bersih akan berdampak pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News