KLHK Berbagi Cerita tentang Ekonomi Lokal dan Kelestarian SDA di Kalimantan

KLHK Berbagi Cerita tentang Ekonomi Lokal dan Kelestarian SDA di Kalimantan
Bedah buku "Berbagi Pembelajaran dari Inisiasi Program FORCLIME FC”. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan hutan dan lingkungan di Kalimantan, dikemas dalam bentuk Buku berjudul “Berbagi Pembelajaran dari Inisiasi Program FORCLIME FC”.

Program Forest and Climate Change Financial Cooperation (FORCLIME FC) adalah program kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Federal Jerman yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pengelolaan hutan lestari.

Pelaksanaan program di Kabupaten Berau, Malinau, dan Kapuas Hulu ini telah memasuki tahun ke-9 dari durasi 10 tahun dan dinyatakan telah mencapai target dengan baik dan berdampak positif oleh Konsultan Independent tahun 2018. 

Kepala Biro Perencanaan KLHK selaku Program Executing Agency FORCLIME FC, Ayu Dewi Utari mengatakan FORCLIME FC melakukan kegiatan Participatory Land Use Planning melalui dua pendekatan kegiatan.

Yaitu penyelesaian batas desa dan penggunaan lahan secara partisipatif. Program FORCLIME FC telah melakukan penyelesaian batas di 17 desa di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, 22 desa di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dan 6 desa di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan penatagunaan lahan secara partifipatif telah dilakukan di 7 desa di Kabupaten Kapuas Hulu dan 23 desa di Kabupaten Berau. 

“Sampai dengan bulan Desember 2018 program FORCLIME FC telah melakukan Penanaman di Kabupaten Kapuas Hulu sejumlah 958 ribu batang, 1,89 juta batang di Kabupaten Berau, dan 141 ribu batang di Kabupaten Malinau. Program FORCLIME FC telah melakukan patroli hutan seluas 146 ribu Ha di Kabupaten Kapuas Hulu, 636 ribu HA di Kabupaten Berau dan 98 ribu Ha di Kabupaten Malinau” jelas Ayu Dewi dalam acara Bedah Buku, Selasa (19/02) di Jakarta. 

Selain itu, menurut Ayu Dewi program FORCLIME FC juga mendukung dalam penguatan perhutanan sosial melalui fasilitasi pengajuan skema Hutan Desa di 15 desa di Kabupaten Kapuas Hulu, Berau dan Malinau, membangun kelembagaan, rencana pengelolaan jangka pendek, dan rencana pengelolaan jangka panjang.

Telah diperoleh 10 SK Hutan Desa, 7 Hutan Desa di Kabupaten Kapuas Hulu dan 3 desa di Kabupaten Berau.   

Program FORCLIME FC juga mendukung dalam penguatan perhutanan sosial melalui fasilitasi pengajuan skema Hutan Desa di 15 desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News