Manggala Agni KLHK dan Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Sumatera dan Riau

Manggala Agni KLHK dan Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Sumatera dan Riau
Manggala Agni sedang padamkan karhutla. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, PEKANBARU - Akibat adanya El Nino lemah, telah terjadi Karhutla di beberapa lokasi di Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Kejadian Karhutla di beberapa lokasi ini terus ditangani oleh Manggala Agni KLHK dan Satgas Gabungan.

Laporan terakhir dari kegiatan aksi lapangan diketahui bahwa di Provinsi Sumut sudah tidak terpantau kejadian karhutla.

Hal ini dikonfirmasi dari hasil laporan harian oleh Manggala Agni Daops Pematangsiantar, Daops Sibolangit dan Daops Labuhanbatu. 

Sementara di Provinsi Riau berdasarkan patroli udara dengan Heli Bell 412 PK-DAS terpantau lokasi dinyatakan aman karhutla (tidak terpantau fire spot), yaitu di Talang Mandau, Bukit Batu, dan Giam Siak Kecil kesemuanya di Kabupaten Bengkalis.

Kemudian untuk di Mumugo Kabupaten Rokan Hilir, Bangsal Aceh Kota Dumai, dan Rupat Kabupaten Bengkalis, hasil pemantauan udara memperlihatkan terpantau kejadian karhutla dan berpotensi meluas akibat bahan bakar yang sangat padat dilokasi kejadian.

Pada kesempatan terpisah Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B Panjaitan menekankan pentingnya deteksi dini dan sinergitas sampai tingkat tapak dalam pengendalian karhutla.

“KLHK melalui Manggala Agni bersama TNI, POLRI, dan masyarakat telah melaksanakan patroli terpadu pencegahan karhutla sejak tahun 2016. Untuk menunjang deteksi dini, KLHK akan membangun tower CCTV di tiga Daops dan melengkapi sarana prasarana Manggala Agni,” ujarnya.

Selanjutnya untuk kejadian karhutla di Provinsi Riau dilaporkan masih terjadi di beberapa tempat, yaitu di Jln. Toen Taher Dusun 1 Kampung Sialang Baru Desa Sri Tanjung Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, seluas sekitar 15 ha yang sampai saat ini sudah masuk hari ke-4 upaya pemadaman oleh Manggala Agni Daops 4.

Laporan terakhir dari kegiatan aksi lapangan diketahui bahwa di Provinsi Sumut sudah tidak terpantau kejadian karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News