Gerakan Nusantara Jatim Sebut Anies Paling Peduli Budaya dan Masyarakat Adat

Gerakan Nusantara Jatim Sebut Anies Paling Peduli Budaya dan Masyarakat Adat
Gerakan Nusantara untuk AMIN menilai Anies menunjukkan komitmen memberikan perlindungan bagi masyarakat adat, termasuk mendorong agar aktivitas adat terus berjalan. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Gerakan Nusantara untuk AMIN Mohammad Halili mengatakan Anies menunjukkan komitmen memberikan perlindungan bagi masyarakat adat, termasuk mendorong agar aktivitas adat terus berjalan.

"Kami melihat bagaimana Pak Anies benar-benar punya komitmen serius menjaga dan melestarikan kesenian, sosio kultural, seperti komunitas Osing, yang menurut kami bisa mewakili isu masyarakat adat lainnya yang harus mendapat dukungan dan perlindungan dari negara," kata Mohammad Halili dalam keterangannya di media, Kamis (28/12).

Menurut Halili sudah sepatutnya negara, khususnya seorang pemimpin, mampu memberikan perhatian lebih kepada seluruh rakyat, kelompok-kelompok adat, sosio kultural, komunitas kenusantaraan, bahkan kelompok marjinal.

Karena, sejatinya Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budaya dan kultural.

"Pak Anies sampaikan akan mendorong pemda untuk membuat peraturan terhadap seniman-seniman dan pegiat budaya, karena kebudayaan tak boleh dinomorduakan dan beliau tadi juga ada mendengar keluhan-keluhan yang dirasakan oleh seniman dan pegiat daerah serta komunitas-komunitas ini selama ini," ujar Halili.

Halili mengungkapkan pasangan Anies-Muhaimin juga punya komitmen yang tinggi dalam membangun sumber daya manusia yang unggul. 

Menurut dia, pasangan AMIN ini memberikan ruang dan kesempatan yang luas bagi generasi muda untuk mengekspresikan kemampuannya.

"Misalnya bakat, hobi, sembari tetap mendorong penguatan fondasi kebangsaan, kenusantaraan yang dibutuhkan agar bangsa dan generasi ini kuat," tegas Halili.

Gerakan Nusantara untuk AMIN menilai Anies berkomitmen memberikan perlindungan bagi masyarakat adat, termasuk mendorong agar aktivitas adat terus berjalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News