Gereja Dibom, PGI Langsung Keluarkan Tujuh Sikap

Gereja Dibom, PGI Langsung Keluarkan Tujuh Sikap
Lokasi bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya, Minggu (13/5). Foto: istimewa for JPC

jpnn.com, JAKARTA - Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) bereaksi atas peristiwa ledakan bom di beberapa gereja di Surabaya hari ini.

Sekretaris Umum PGI Gomar Gultom mengatakan, setidaknya ada tujuh poin yang dikeluarkan PGI atas rangkaian aksi teror tersebut.

1. Tindak kekerasan, dengan alasan apa pun, tidak akan pernah mampu menyelesaikan masalah, itu hanya akan melahirkan lingkaran kekerasan dan pada akhirnya menuju kehancuran. Dia mencontohkan Suriah yang luluh lantah karena kekerasan demi kekerasan.

2. PGI menyampaikan tidak ada satu agama yang mengajarkan kekerasan dan pembunuhan. Agama apa pun mengajarkan kemanusiaan, damai dan cinta kasih. Kekerasan dan tindak terorisme disebabkan oleh kesesatan berpikir seseorang.

3. PGI meminta para pemimpin agama perlu lebih serius mewaspadai munculnya para pendukung kekerasan dan tindak terorisme ini dengan berbalutkan penginjil atau pendakwah. Program deradikalisasi BNPT akan sia-sia jika masyarakat justru memberi panggung kepada para pemimpin agama yang menyebarkan paham radikalisme dan kekerasan lewat dakwah-dakwahnya.

4. PGI mengimbau kepada para pemimpin agama dan masyarakat untuk tidak memberi angin dan simpati kepada pelaku kekerasan dan terorisme, apa pun motifnya.

5. Selain itu, PGI mengimbau masyarakat menghentikan penyebaran foto dan video, karena hal tersebut justru menjadi tujuan teroris, yakni menebarkan rasa takut di tengah masyarakat. PGI mengimbau masyarakat untuk menebarkan kasih dan rasa damai melalui ragam media. 

6. PGI mengimbau seluruh elite politik dan masyarakat untuk menghentikan komentar yang justru memperkeruh keadaan yakni dengan menggunakan peristiwa kekerasan dan tindak terorisme ini untuk kepentingan politik sesaat, karena harga yang sedang dipertaruhkan adalah masa depan bangsa.

PGI mengimbau kepada para pemimpin agama dan masyarakat untuk tidak memberi angin dan simpati kepada pelaku kekerasan dan terorisme apa pun motifnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News