Gerhana Bulan Spesial, Terjadi Lagi Setelah 152 Tahun

Gerhana Bulan Spesial, Terjadi Lagi Setelah 152 Tahun
Gerhana Bulan. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Gerhana Bulan total akan terlihat pada 31 Januari 2018. Spesialnya, gerhana ini akan terjadi dalam tiga fenomena sekaligus. Yaitu Super Moon, Blue Moon serta Blood Moon.

Yang makin lebih spesial, gerhana ini terakhir terjadi di tanggal 31 Maret 1866. Artinya fenomena ini akan terjadi lagi setelah 152 tahun lalu.

Gerhana tiga warna ini sendiri diprediksi akan tampak mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

Seperti diberitakan Indopos (Jawa Pos Group), terkait fenomena ini Institut Tekhnik Bogor (ITB) mengadakan observasi Gerhana Bulan Total ini.

Dari undangan yang tersebar, pihak penyelenggara akan memberi kesempatan menyaksikan gerhana bulan lewat Teleskop di Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung pada Rabu (31/1) dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Adapun penjelasan mengenai ketiga fenomena gerhana ini. Untuk Super Moon itu merupakan saat bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi.

Alhasil ini menyebabkan bulan tampak lebih besar 14 lersen dan lebih terang 30 persen dibandingkan bilam pada posisi terjauhnya dari bumi.

Untuk Blue Moon, fenomena ini adalah terjadinya 2 kali bulan purnama dalam satu bulan, yaitu pada bulan Januari 2018 terjadi 2 kali bulan purnama pada tanggal 2 Januari serta 31 Januari nanti

Gerhana Bulan total yang bakal terjadi 31 Januari 2018 tergolong special karena terjadi dalam tiga fenomena.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News