Gerindra Ingatkan Partai Demokrat soal Seni Politik

Gerindra Ingatkan Partai Demokrat soal Seni Politik
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan keputusan Partai Demokrat (PD) mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno harus diikuti seluruh komponen PD di semua tingkatan. Muzani mengingatkan, keputusan itu harus dipatuhi seluruh calon anggota legislatif (caleg) di semua tingkatan.

Menurut dia, sudah menjadi seni politik dan tantangan bagi kader partai untuk memperoleh kursi di suatu wilayah yang bukan basis Prabowo-Sandi.

“Bagaimana partai-partai koalisi juga harus eksis mendapatkan kursi dari rakyat, itu adalah seni politik yang juga harus mendapatkan support bagi para caleg untuk meyakinkan rakyat,” kata Muzani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11).

Menurut Muzani, persoalan seperti ini bukan hanya dialami partai koalisi Prabowo-Sandi, maupun Partai Demokrat saja. Namun, ujar dia, persoalan ini juga dialami partai yang tergabung dalam koalisi pengusung Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

“Itu juga diceritakan oleh kawan koalisi di sana, kami juga sama. Tapi, yang penting bagaimana di satu sisi perjuangan presiden itu berhasil, tapi di sisi lain perjuangan legislatif itu juga berhasil,” katanya.

Muzani mengatakan, jika Partai Demokrat memberikan kelonggaran atau kebebasan kepada para calegnya untuk membebaskan pilihan dalam pilpres itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut. Dia menilai hal itu adalah cara PD mengambil langkah politik.

“Tetapi, itu biasanya dampaknya terhadap militansi kader terhadap tanggung jawab keputusan partai politiknya,” ujarnya.

Yang jelas, kata dia, Partai Gerindra tidak memberikan toleransi kepada kadernya untuk bersikap demikian. Kader harus mendukung apa yang menjadi keputusan partai yang sudah mengusung Prabowo-Sandi.

Gerindra mengingatkan bahwa keputusan Partai Demokrat (PD) mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno harus diikuti seluruh kompone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News