Gernas BBI Dorong UMKM NTT Melakukan Transformasi Digital

Gernas BBI Dorong UMKM NTT Melakukan Transformasi Digital
Menkominfo Johnny G.Plate dalam sambutannya di acara puncak Gernas BBI bertema “Kilau Digital Permata Flobamora”. Foto: dok Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2021 menargetkan peningkatan kualitas produk Usaha Menengah dan Kecil Menengah (UMKM) lokal dan peningkatan peran aktif pemerintah daerah lewat transformasi digital.

Terutama peningkatan kualitas UMKM di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komitmen ini ditegaskan dalam acara puncak Gernas BBI bertema “Kilau Digital Permata Flobamora” yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Flobamora merupakan singkatan dari beberapa pulau besar di Provinsi NTT, yakni Flores, Sumba, Timor, dan Alor.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutan pembuka yang disampaikan secara online menyebut bahwa Gernas BBI adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan dan kemandirian ekonomi nasional melalui UMKM.

“Gernas BBI diharapkan bisa mendorong national branding produk lokal unggulan sehingga menciptakan pasar yang lebih besar guna meningkatkan ekonomi daerah maupun nasional,” kata Ma’ruf Amin.

Menurut Ma’ruf Amin, Gernas BBI juga diarahkan untuk transformasi ekonomi digital, sehingga penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi.

Pembangunan infrastruktur digital ini menjadi tugas Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo melalui proyek strategis nasional dengan pembangunan jaringan backbone fiber optic Palapa Ring dan proyek satelit multifungsi pemerintah.

Gernas BBI juga diarahkan untuk transformasi ekonomi digital, sehingga penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi.

Sumber onli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News