Gibran Mengakui Keberhasilan DKI Jakarta, Jamiluddin Ritonga Bilang Begini 

Gibran Mengakui Keberhasilan DKI Jakarta, Jamiluddin Ritonga Bilang Begini 
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga merespons pengakuan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang selalu mencontohkan DKI Jakarta dalam setiap kali rapat membahas penanganan pandemi Covid-19 di daerah yang dipimpinnya. 

Menurut Jamiluddin, pengakuan tersebut menunjukkan profesionalisme putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu di dalam bekerja. 

Dia menegaskan Gibran dalam menilai keberhasilan DKI Jakarta menghilangkan kepentingan politik yang sempit. 

"Dia (Gibran, red) menanggalkan sekat-sekat politik sehingga penilaiannya lebih jernih dan objektif," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Selasa (14/9). 

Akademisi Universitas Esa Unggul Jakarta itu menyatakan Gibran sudah memberi contoh dengan baik dalam menilai kerja seseorang atau suatu lembaga. 

Oleh sebab itu, kata Jamiluddin, sikap Gibran tersebut seyogyanya dicontoh oleh politisi lain yang kerap menilai baik kerja seseorang hanya karena sealiran politik dengannya. 

"Mereka yang tidak sealiran politik dengan sendirinya dinilai selalu negatif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jamiluddin pun menilai Gibran memang layak mencontoh keberhasilan DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan di dalam penanganan Covid-19. 

Gibran Rakabuming Raka mengakui keberhasilan DKI Jakarta dalam penanganan Covid-19. Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga mengatakan, pengakuan itu menunjukkan profesionalisme putra sulung Presiden Jokowi itu di dalam bekerja.