Gibran Meyakini PLTSa Solusi Penanganan Sampah

Gibran Meyakini PLTSa Solusi Penanganan Sampah
Wali kota Solo yang juga Cawapres Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka (kiri) mengecek lokasi kerja Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo saat peresmian di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/10/2023). ANTARAFOTO/Maulana Surya/Spt.

jpnn.com - SOLO - Wali Kota Solo yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka meyakini permasalahan sampah yang banyak dihadapi kota-kota besar dapat ditangani lewat langkah terobosan.

Antara lain dengan menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), seperti yang kini hadir di Kota Solo, PLTSa Putri Cempo.

"Kami baru saja meresmikan pembangkit listrik tenaga sampah. Harapannya permasalahan sampah di Solo dapat terselesaikan," ujar Gibran dalam keterangan yang diterima Kamis (7/12).

Gibran bahkan memproyeksikan PLTSa Putri Cempo tidak hanya solusi bagi permasalahan sampah di Solo, tetapi juga sejumlah kota lainnya.

Rencananya setelah PLTSa Putri Cempo beroperasi lima tahun, juga akan menangani sampah-sampah di kota lain.

"Ini kami buat bukan cuma untuk Solo, tetapi juga untuk kota-kota sekitarnya," ujar Gibran dalam keterangannya yang diterima Kamis (7/12).

Cawapres yang berpasangan dengan Capres Prabowo Subianto ini lebih lanjut mengatakan permasalahan sampah akan sulit dipecahkan jika tidak ada partisipasi masyarakat.

Dia lantas mendorong warga Solo dari tingkat RT dan RW untuk membantu memilah sampah sebelum diolah PLTSa.

Wali Kota Solo yang juga cawapres Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka meyakini PLTSa jadi solusi menangani sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News