Gibran Meyakini Program ini Buat Warga Desa Tak Pindah ke Kota

Gibran Meyakini Program ini Buat Warga Desa Tak Pindah ke Kota
Cawapres Gibran Rakabuming Raka meyakini program yang membangun rasa kepemilikan bagi masyarakat desa sangat penting. Dia mengatakan hal itu pada Debat Keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU RI di JCC, Jakarta, Minggu (21/1). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 2 Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka meyakini dengan program yang mengutamakan membangun rasa kepemilikan membuat warga di desa tidak akan berpindah ke kota-kota besar.

Gibran menyatakan pandangannya merespons jawaban calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar pada segmen ketiga debat keempat KPU RI di JCC, Jakarta, Minggu (21/1).

Muhaimin mendapat pertanyaan dari panelis terkait kebijakan dan strategi yang dilakukan agar warga desa lebih berminat untuk tinggal dan membangun desa.

Gibran pun turut mengemukakan pendapatnya atas pertanyaan tersebut.

“Intinya, bagaimana bisa menumbuhkan rasa sense of belonging dari masyarakat desa,” ujar Gibran.

Lebih lanjut pasangan calon presiden Prabowo Subianto itu mencontohkan kehadiran desa wisata di Mojokerto, Jawa TImur.

“Saya pernah ke Mojokerto, di situ ada desa wisata nomor satu se-Indonesia, kemarin dapat penghargaan dari Pak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Intinya, ini adalah desa wisata dibangun dengan crowdfunding, jadi masyarakat desa punya saham di destinasi wisata tadi,” ucapnya.

Menurut dia, desa wisata tersebut adalah contoh dari rasa kepemilikan terbangun antarmasyarakat.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka meyakini program yang membangun rasa kepemilikan bagi masyarakat desa sangat penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News