Gibran Punya Andil Kerek Elektabilitas Prabowo

Gibran Punya Andil Kerek Elektabilitas Prabowo
Bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan pidato politik dalam deklarasi di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto makin tak terbendung menjelang Pilpres 2024.

Peneliti Senior Populi Center Usep Saepul Ahyar mengatakan salah satu faktor krusial yang memengaruhi tingginya elektabilitas Prabowo lantaran menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Pasalnya, dengan menggandeng Gibran sebagai cawapresnya, peluang Prabowo menggaet suara kalangan milenial makin besar.

“Saya melihat bahwa faktor Gibran ini signifikan menambah suara bagi Prabowo, tetapi di sisi lain menggerus suara Ganjar. Mengingat Gibran itu,  kan, simbolisasi dari Pak Jokowi, dan itu sangat berhubungan dengan Ganjar,” kata Usep dalam keterangannya, Sabtu (11/11).

Berdasarkan data survei terbaru yang dirilis Populi Center, Prabowo menjadi capres yang paling banyak mendapatkan dukungan masyarakat dibandingkan Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Di dalam survei 29 Oktober-5 November 2023, Prabowo berhasil menduduki peringkat pertama dengan total dukungan 35,1 persen, diikuti Anies 18,2 persen dan Ganjar 18,0 persen.

“Pada pertanyaan terbuka, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak dipilih sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini dengan 35,1 persen, disusul Anies Baswedan 18,2 persen dan Ganjar Pranowo 18 persen,” ucap Usep.

Dia menjelaskan dengan kombinasi kuat Prabowo-Gibran, kans  meraih kemenangan di Pilpres 2024 makin terbuka lebar. Apalagi hal itu ditambah dengan endorsement yang diberikan Presiden Jokowi terhadap Prabowo-Gibran.

Elektabilitas Prabowo terus melejit meninggalkan kandidat capres lainnya setelah menggandeng Gibran sebagai cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News