Rabu, 19 Juni 2019 – 06:50 WIB

Gila! Bangun Motor Pakai Mesin Mobil Kijang

Minggu, 07 Oktober 2018 – 15:15 WIB
Gila! Bangun Motor Pakai Mesin Mobil Kijang - JPNN.COM

jpnn.com, TANGERANG - Motor dibekali mesin mobil tak hanya ada di luar negeri saja. Namun, di Indonesia motor menggendong mesin mobil berkapasitas 1.300 cc juga ada. Julian Hidayat pemilik sekaligus builder motor bermesin mobil itu.

Sebelum memodifikasi motor, Julian mengaku sering melihat video Youtube para builder luar negeri, sebagai inspirasi tentunya.

"Awalnya saya melihat video Youtube dragster luar negeri. Saya melihat motor bermesin besar. Sedangkan di Indonesia cari mesin berkapasitas besar sangat sulit khususnya golongan menengah ke bawah. Tapi, bagaimana caranya saya harus punya motor dengan mesin besar namun budget minim. Jadi, saya pilih mesin mobil Toyota Kijang untuk motor saya," buka Yulian mengawali cerita kepada JPNN.com di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (7/10).

Kenapa Yulian pilih mobil Kijang? Karena menurutnya, Kijang memiliki generasi yang banyak di Indonesia dan suku cadangnya pun sangat mudah untuk dicari di mana-mana.


Mesin mobil Kijang 1.300 cc yang ditanam di motor custom.

"Kalau ada masalah pada mesin ini, saya mudah mencari suku cadangnya. Soalnya di setiap bengkel mobil juga ada yang jual suku cadangnya," ujar pria yang akrab disapa Bonyok itu.

Untuk proses produksinya, Bonyok mengaku harus bisa mengikuti kontruksi mesin yang sudah ada. Jadi, tambah Yulian, harus mengikuti dudukan kontruksi mesin agar mesin bisa menempel pada sasis.

"Saya pakai frame pipa SCH 3 mm. Frame tersebut memang sangat tebal mengingat mesin yang saya pakai memiliki berat hampir 100 kg. kemudian saya bekerja sama dengan bengkel bubut untuk membuat dudukan buat mesin," sambungnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar