Beda Proyek Motor Custom Harian atau Kontes

Beda Proyek Motor Custom Harian atau Kontes
Ilustrasi kontes motor custom. (Foto: Ridha/JPNN)

jpnn.com, TANGERANG - Jika ingin membangun motor custom, Anda harus mengetahui kebutuhan motor tersebut untuk kontes atau buat harian (daily use), karena keduanya memiliki karakter pengerjaan yang berbeda.

Apalagi saat ini banyak bengkel custom bermunculan menawarkan variasi model motor custom lebih menarik dengan harga ramah kantong.

Menurut Kepala Mekanik Bengkel Proteknik Ari Suprianto, banyak bengkel menawarkan pilihan jasa kustomisasi motor tanpa mempersoalkan terlebih dahulu kebutuhan pelanggan. Sekadar terima konsep langsung dikerjakan.

"Kalau kita di sini, konsumen pasti diedukasi dulu. Kira-kira motor yang mau dibangun mau ke arah mana. Untuk kontes atau buat harian," ujar Ari kepada JPNN saat disambangi ke bengkelnya di Rempoa, Tangerang Selatan.

Jika motor untuk kontes lanjut Ari, harus bisa memikirkan kecantikan, bersamaan safety, detailing dan yang pasti kelayakan jalan. Pasalnya, seluruh komponen itu menjadi keharusan di setiap kontes.

Tapi, tambah Ari lagi, proyek daily use sejatinya harus tetap juga memenuhi syarat tersebut, tak terkecuali. Hanya saja pada hal kelayakan jalan.

"Jika proyek untuk kontes itu yang penting bisa jalan buat di dalam kota. Berbeda kalau buat harian, kata Ari, banyak perhitunganya harus bisa diajak jalan jauh hingga medan yang lebih berat," tegasnya.

"Kadang-kadang motor custom buat harian juga diminta bisa diajak main off-road. nah, di sini bengkel diuji, kalau ada bengkel yang takut berarti itu bengkel belum berpengalaman," tandasnya. (mg9/jpnn)


Jika ingin membangun motor custom, Anda harus mengetahui kebutuhan motor tersebut untuk kontes atau buat harian, karena keduanya memiliki karakter berbeda.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News