Giliran Petani Lingga Akan Panen Raya

Giliran Petani Lingga Akan Panen Raya
Panen Raya Padi. Foto Ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, LINGGA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan menghadiri acara pencanangan gerakan percepatan panen raya dan tanam serentak padi dan jagung di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Panen raya itu akan berlangsung pada 15 Februari 2018 mendatang.

"Insyaallah, Pak KSP dan Mentan dijadwalkan hadir. Mudah-mudahan waktunya tidak berbenturan dengan kegiatan kenegaraan yang sangat mendesak," ungkap Bupati Lingga, Alias Wello, Rabu (31/1).

Menurut Wello, gerakan percepatan panen dan tanam serentak padi dan jagung di atas lahan seluas 1.800 Ha itu, melibatkan ribuan orang dari kelompok tani, TNI/Polri, ASN, OKP, Ormas dan Pelajar/mahasiswa.

Mereka diagendakan melakukan penanaman serentak di tujuh lokasi sawah yang tersebar di Pulau Singkep dan Lingga.

"Alhamdulillah, STPP Malang sudah konfirmasi mengirim mahasiswa PKL sebanyak 200 orang dan dosen pembimbing sebanyak 52 orang, STPP Bogor dan Medan masing-masing mengirim mahasiswa sebanyak 25 orang. Kemudian, mahasiswa D1 IPB Sub Kampus Lingga sebanyak 105 orang," kata Wello.

Mantan Ketua DPRD Lingga yang akrab disapa Awe ini, berharap gerakan percepatan panen dan tanam serentak yang digagasnya itu, mampu memberi energi baru bagi kebangkitan sektor pertanian.

Khususnya di bumi Bunda Tanah Melayu menuju Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor (LPBE) di wilayah perbatasan.

Petani di Kabupaten Lingga akan menikmati panen raya bersama pada 15 Februari mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News