Gim, Salah Satu Jurusan Andalan Kurikulum Prototipe, Bakal Ada di 270 SMK

Gim, Salah Satu Jurusan Andalan Kurikulum Prototipe, Bakal Ada di 270 SMK
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto pada acara penandatanganan kerja sama dengan PT LX International Indonesia, Asosiasi Game Indonesia, dan Cipta Karsa Adikarya di Jakarta, Rabu (5/1). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengungkapkan gim menjadi salah satu jurusan andalan dalam kurikulum prototipe. Walaupun kurikulum prototipe ini hanya pilihan, tetapi wajib diberlakukan di SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).

Yang menggembirakan, lanjutnya, para pengajarnya akan diisi tenaga profesional di bidang games.

"Pengajarnya bukan guru biasa, tetap gamers juga. Mereka akan mengisi 50 jam dalam satu semester," kata Wikan saat penandatanganan kerja sama  Ditjen Vokasi dengan PT LX International Indonesia, Asosiasi Game Indonesia, dan Cipta Karsa Adikarya di Jakarta, Rabu (5/1).

Dia menyebutkan saat ini ada 901 SMK-PK. Dari jumlah tersebut sekitar 30% atau 270 SMK-PK yang ada jurusan ekonomi kreatif termasuk di dalamnya film dan gim. 

Jurusan gim ini menurut Wikan merupakan suatu keniscayaan. Di sini peran orang tua harus memberikan dukungan bila anaknya tertarik dengan gim.

Besarnya minat anak-anak terhadap gim, lanjutnya, bisa menjadi potensi pengembangan ekonomi kreatif digital.

Wikan menyebutkan 99 persen gim di Indonesia buatan asing. Untuk perputaran uangnya di Indonesia untuk gim sekitar Rp 30 triliun. Sayangnya, uang itu lari ke luar negeri.

"Ini jadi problem kita bersama. Sekolah lama-lama, cari gelar, cuma beli barang impor. Dan, gim ini jauh lebih powerfull daripada industri musik, industri film," terangnya.

Pejabat Kemendikbudristek menyebabkan gim menjadi salah satu jurusan andalan kurikulum prototipe yang akan diterapkan di SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News