Ginandjar Seret DPD ke Ranah Pilpres

Ginandjar Seret DPD ke Ranah Pilpres
Ginandjar Seret DPD ke Ranah Pilpres
JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang tugas pokoknya memperjuangkan aspirasi daerah, pada rapat paripurna di Senayan, Senin (5/1), malah membahas persoalan lain. Tidak hanya membicarakan mengenai agresi militer Israel ke Palestina, rapat yang dipimpin Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita itu juga menjadikan masalah calon presiden (capres) sebagai agenda rapat.

Ginanjar dalam rapat itu menjelaskan, pada pertemuan dengan sejumlah wartawan di rumah dinasnya akhir Desember 2008, dirinya ditanya wartawan bagaimana sikap DPD mengenai munculnya sejumlah tokoh yang sudah menyatakan diri sebagai capres. Dia juga mengaku ditanya apa kriteria capres yang ideal di mata DPD. Saat itu, kata Ginanjar, dirinya belum mau berkomentar karena memang belum ada sikap resmi sebagai hasil rapat paripurna DPD.

"Maka saya tawarkan perlunya kita memikirkan tentang figur atau sosok calon presiden yang cocok di mata daerah. Kalau ada, mari kita pikirkan," ungkap Ginanjar. Dia mengatakan, untuk tahap awal cukup dibuat kriterianya terlebih dahulu, langkah selanjutnya bisa langsung menyebutkan nama.

Gayung bersambut. Sejumlah anggota DPD lantas mengemukakan pendapatnya. Ada yang menyatakan, capres yang layak adalah capres yang punya visi dan komitmen terhadap penyelenggaraan otonomi daerah. Kata 'daerah' senantiasa disertakan dalam menyusun kalimat untuk membuat kriteria capres. "Harus yang paham tentang strategi pembangunan daerah," kata anggota DPD yang lain, penuh semangat.

JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang tugas pokoknya memperjuangkan aspirasi daerah, pada rapat paripurna di Senayan, Senin (5/1), malah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News