Gita Dorong Kredit Tanpa Agunan untuk Petani

Gita Dorong Kredit Tanpa Agunan untuk Petani
Gita Dorong Kredit Tanpa Agunan untuk Petani

jpnn.com - DENPASAR - Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, Gita Wirjawan mengatakan pemerintahan mendatang harus berani mengatasi dan memberi solusi atas empat masalah utama yang dihadapi petani di Indonesia, termasuk satu juta kaum tani di Bali.

"Masalah ketersediaan air, hama, pasar, dan kredit, merupakan empat masalah utama yang dihadapi petani, selain benih serta pupuk. Pemerintahan mendatang harus menyelesaikan itu," kata Gita saat melakukan pertemuan dengan Petani Organik Bali, di Yayasan Trikaya Gianyar, Bali, Selasa (18/2).

Demikian juga halnya masalah kredit. Menurut Gita, pemerintah harus berani memberi fasilitas yang mudah.

"Kalau perlu kredit tanpa agunan. Instrumen perbankan tidak boleh kaku tapi harus berpihak kepada petani," ujar Gita, yang malam nanti akan tampil pada debat ke-5 Konvensi Capres PD itu.

Lebih lanjut Gita di hadapan para petani juga mengaku berkomitmen memajukan petani karena merasa selama ini petani masih terpinggirkan.

"Kita punya potensi pertanian yang dahsyat, dengan 40 juta-an petani tersebar di beratus-ratus pulau, termasuk satu jutaan kaum tani di Pulau Bali," tegasnya.

Selain itu, Gita kembali menyinggung soal reformasi agraria sebagai sebuah keharusan agar petani berdaulat dan sejahtera. "Negara wajib memberi jaminan kepada petani. Petani harus berdaya agar pertanian kita maju, caranya dengan reformasi agraria," saran Gita. (fas/jpnn)

 


DENPASAR - Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, Gita Wirjawan mengatakan pemerintahan mendatang harus berani mengatasi dan memberi solusi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News