Gokil! Tiongkok Kenalkan Purwarupa Kereta Secepat Pesawat

Gokil! Tiongkok Kenalkan Purwarupa Kereta Secepat Pesawat
Kereta cepat berteknologi superkonduktivitas China. Foto: ANTARA/Screenshot YouTube

jpnn.com - Mempersiapkan transportasi masa depan, Tiongkok terus mengambil langkah di depan. Kali ini, mereka mengenalkan purwarupa kereta antarkota secepat pesawat.

Kereta supercepat itu diklaim berteknologi maglev superkonduktor bersuhu tinggi.

Para pengembang menyebut itu merupakan lompatan transportasi kereta levitasi magnetik yang lebih murah dan lebih cepat.

Para peneliti di Universitas Jiaotong Barat Daya telah menguji kereta tersebut Rabu ini di jalur uji 165 meter (540 kaki) di Chengdu.

Kereta dirancang untuk melaju hingga 620km/jam (385mph) tetapi para peneliti mengatakan mereka sedang bekerja untuk meningkatkan kecepatan itu hingga 800km/jam (497mph).

Jepang juga terus mengembangkan kereta cepat maglev dengan teknologi superkonduktor yang beroperasi pada kecepatan 500km/jam dan diharapkan akan beroperasi pada 2027, berjalan antara Tokyo dan Nagoya.

Namun para peneliti di Universitas Jiaotong Barat Daya, China mengatakan bahwa teknologi maglev superkonduktor China lebih ekonomis daripada rekan-rekan mereka di Jepang, China South Morning Post melaporkan, dikutip Rabu.

Superkonduktivitas terjadi ketika hambatan listrik mendekati nol saat didinginkan hingga suhu yang sangat rendah.

Mempersiapkan transportasi masa depan, Tiongkok terus mengambil langkah di depan dengan mempersiapkan kereta supercepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News