Gol Internasional Pertama Dovbyk dan Strategi Jitu Shevchenko, Buat Ukraina Jinakkan Swedia

Gol Internasional Pertama Dovbyk dan Strategi Jitu Shevchenko, Buat Ukraina Jinakkan Swedia
Artem Dovbyk (lepas baju) melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Swedia. Foto: Twitter @EURO2020

jpnn.com, GLASGOW - Ukraina mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 saat menghadapi Swedia pada 16 Besar EURO 2020 di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6) dini hari.

Laga ketat antara kedua tim tak selesai di waktu normal 90 menit, Artem Dovbyk menjadi pahlawan Ukraina setelah mencetak gol pada menit ke-121 di masa injury time babak tambahan waktu.

Drama dalam pertandingan ini memang semakin terasa di babak perpanjangan waktu. Banyak momen terjadi yang membuat jalannya pertandingan berubah, kartu merah, sampai gol.

Kunci kemenangan Ukraina ialah saat mampu melakukan perubahan efektif ketika Swedia bermain dengan sepuluh orang. Marcus Danielson harus diusir wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras ke Artem Besyedin.

Dari situ, sederet perubahan dilakukan oleh Andry Shevchenko, Pelatih Ukraina, yang dengan jeli melihat peluang.

Mulai dari mengirim Yevgeny Makarenko ke lapangan, kemudian mengganti Artem Besyedin dengan Viktor Tsygankov, lalu memasukkan Dovbyk dan Roman Bezus menggantikan Yarmolenko serta Sergey Sydorchuk. Hal itu menjadikan alur permainan benar-benar berubah.

Ukraina semakin variatif menyerang, Zinchenko mampu leluasa menyisir lapangan, hingga akhirnya sebuah assist darinya bisa disundul dengan sempurna oleh pemain pengganti, Dovbyk. Strategi dan pergantian yang bagus dari sang pelatih membawa Ukraina menang di menit-menit akhir jelang masuk babak adu penalti.

Bagi Dovbyk, gol itu istimewa karena menjadi gol pertamanya di ajang internasional. Situs UEFA pun menuliskan, bahwa pelatihnya, yaitu Shevchenko sampai melakukan selebrasi yang luar biasa dengan gol tersebut. Strategi yang tepat, membawa Ukraina menembus perempat final.

Kemenangan bagi Ukraina didapatkan setelah strategi jitu diterapkan oleh Shevchenko di babak perpanjangan waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News