UEFA Nations League

Gol Virgil Van Dijk di Menit 90+1 Bawa Belanda ke Semifinal

Gol Virgil Van Dijk di Menit 90+1 Bawa Belanda ke Semifinal
Gaya Virgil Van Dijk (kanan) usai mencetak gol buat Belanda. Foto: AFP

jpnn.com, GELSENKIRCHEN - Belanda menjadi tim terakhir yang lolos ke Finals (final four atau semifinal) UEFA Nations League.

Bertandang ke markas Jerman di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Selasa (20/11) dini hari WIB, Tim Oranye menahan imbang Tim Panser 2-2.

Hasil imbang tersebut cukup buat pasukan asuhan Ronald Koeman mengukuhkan diri sebagai juara Grup 1 League A, yang merupakan syarat lolos ke semifinal.

Belanda mendapat hasil imbang dengan dramatis. Virgil Van Dijk dkk tertinggal lebih dahulu dua gol. Jerman unggul lewat Timo Werner di menit ke-9 dan ditambah gol Leroy Sane pada menit ke-20.

Dengan posisi itu, Belanda belum memastikan tiket semifinal, tapi Prancis yang terdepan.

Belanda baru memperkecil skor pada menit ke-85 lewat Quincy Promes. Masih, Belanda belum lolos, Prancis yang ke semifinal. Gol yang ditunggu Belanda hadir lewat Van Dijk pada menit 90+1.

'Pemain menunjukkan karakternya di sini. Saya tidak berpikir kami bisa bermain baik di Jerman, mereka adalah tim yang tetap bagus. Namun, kami menunjukkan bisa mengimbangi dan kami lolos," kata arsitek tim Belanda Ronald Koeman di laman UEFA.

Lolos ke semifinal UEFA Nations League mungkin cukup membuktikan Belanda masih tim besar di Eropa, setelah dalam dua turnamen mayor Euro 2016 dan World Cup 2018 absen.

Belanda menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal UEFA Nations League, menyusul Portugal, Inggris dan Swiss.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News