Jerman Vs Belanda: Penentuan Tim Terakhir ke Semifinal

Jerman Vs Belanda: Penentuan Tim Terakhir ke Semifinal
Starter Belanda saat menang 2-0 dari Prancis 16 November lalu. Foto: AFP

jpnn.com, GELSENKIRCHEN - Belanda akan menentukan nasibnya sendiri di UEFA Nations League. Lolos ke semifinal (final four) atau hanya sekadar bertahan di League A.

Dalam empat tahun terakhir, Tim Oranye hanya berstatus tim semenjana di Eropa. Pada dua turnamen mayor, Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, Belanda absen.

Namun, sejak di tangan Ronald Koeman, Belanda mengalami kebangkitan. Kampiun Euro 1988 itu punya kans lolos ke fase final UEFA Nations League tahun depan. Syaratnya Belanda sanggup mengalahkan Jerman di matchday keempat Grup 1 League A di Veltins-Arena dini hari nanti (20/11).

Virgil van Dijk dkk bahkan hanya membutuhkan hasil imbang lawan Jerman ini. Seandainya hasil seri terjadi maka Belanda dan Prancis punya poin yang sama yakni tujuh. Namun karena sampai kemarin (18/11) agregat gol Belanda lebih baik yakni plus empat (6-2) dibandingkan agregat gol Prancis yang nol (4-4), Belanda yang bakal memuncaki klasemen Grup 1.

Nah, Koeman kepada Sky Sports kemarin mengatakan sepak bola Belanda memiliki masa depan yang cerah. Mantan pelatih Everton itu optimistis Oranye akan terhindar dari hat-trick gagal partisipasi di turnamen mayor.

“Kami membuat langkah besar berkat kemenangan atas Prancis. Saya bangga kematangan bermain sepak bola yang ditunjukkan oleh semua pemain kami,” tutur pelatih berusia 55 tahun itu bangga.

Dengan kemenangan 2-0 atas Prancis pada Sabtu (17/11) lalu, maka tim Belanda era Koeman ini sah saja mengklaim kalau mereka adalah spesialis penakluk para juara.

Di antara sembilan laga Belanda sejak Koeman memegang kendali pada 6 Februari lalu, Van Dijk dkk sudah mengalahkan tiga tim juara di tiga turnamen mayor terakhir. Yakni menang atas juara dunia 2014, Jerman (13/10). Lalu memukul juara Euro 2016, Portugal (26/3). Dan tentu menang atas juara dunia 2018, Prancis (17/11).

Andai imbang atau menang atas Jerman, Belanda akan menyusul Portugal, Inggris dan Swiss ke semifinal UEFA Nations League.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News