Golkar Cari Cawapres dari Jawa

Untuk Dampingi Jusuf Kalla

Golkar Cari Cawapres dari Jawa
SERIUS: Raja Jogja Sultan Hamengkubuwono X tengah serius menyimak masukan masyarakat pada pertemuan dengan warga perantauan asal Jogja dan sekitarnya di Jakarta, Minggu (22/2). Sultan adalah kader Golkar yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden. Tetapi besar kemungkinan Golkar akan mengusung ketua umumnya, Jusuf Kalla sebagai capres. Namun demikian Golkar masih terus mencari figur cawapres yang akan mendampingi JK. Ketua Fraksi Golkar di DPR, priyo Budi Santoso menegaskan bahwa cawapres Golkar akan dicari dari tokoh Jawa. Foto: Raka Denny/Jawa Pos
JAKARTA - Petinggi Golkar mulai mengalkulasi siapa yang akan menjadi pendampingi Jusuf Kalla bila sang ketua umum menjadi capres. Menurut Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso, cawapres yang dibutuhkan harus mampu menutupi kelemahan Kalla.

 

Dia mengakui, kelemahan yang dimaksud adalah meraih basis Jawa dengan mencari cawapres asal Jawa. "Kemudian, opsi yang berkembang adalah calon berbasis massa Jawa yang militer atau nonmiliter," katanya.

 

Untuk yang militer, dia mengajukan nama Sutiyoso dan Prabowo. Menurut dia, Sutiyoso dan Prabowo adalah dua figur potensial dari kalangan militer. Mereka menawarkan citra ketegasan dan rasa aman dengan menjadi cawapres. Dari nonmiliter muncul nama Hidayat Nurwahid dan Sri Sultan.

 

"Ini semua masih kami kaji. Yang jelas, Golkar siap mengusung calon alternatif dari dua blok yang sudah ada (blok Megawati dan blok SBY, Red)," katanya.

 

JAKARTA - Petinggi Golkar mulai mengalkulasi siapa yang akan menjadi pendampingi Jusuf Kalla bila sang ketua umum menjadi capres. Menurut Ketua DPP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News