Golkar Minta PPATK Bikin Terobosan

Audit BPK Atas Century Dianggap Mengecewakan

Golkar Minta PPATK Bikin Terobosan
Golkar Minta PPATK Bikin Terobosan
JAKARTA – Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas dana talangan untuk Bank Century ternyata tidak seperti harapan banyak kalangan tentang bakal terkuaknya kejanggalan aliran dana setelah bank gagal itu ditalangi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tidak lengkapnya laporan aliran yang dipantau Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan  (PPATK) dalam laporan BPK ke DPR membuat banyak pihak, terutama di DPR, menyayangkannya.

Bahkan Fraksi Partai Golkar meminta PPATK untuk membuka aliran dana talangan (bailout) Bank Century. Sekretaris FPG Ade Komarudin melalui surat elektronik kepada JPNN, tadi malam, menegaskan bahwa tanpa data dari PPATK akan sulit mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Padahal, kata Ade, dengan terbukanya aliran dana itu masyarakat luas dapat menilai dengan jernih kebiijakan yang telah diambil pemerintah mengingat kebijakan tersebut berimplikasi sangat luas.

 

“Ini menyangkut keuangan negara yang menjadi sorotan masyarakt luas, jadi baik bila PPATK membuka aliran dana talangan Bank Century. Saya bisa memahami secara UU, PPATK tidak ada kewajiban memberikan data tersebut kepada BPK, tapi karena ini menyangkut keuangan Negara, saya kira sangat bijaksana bila PPATK membantu BPK untuk mengungkap kemana saja aliran dana talangan tersebut mengalir,” ungkap Ade Komarudin.

Namun diakuinya pula. Adanya batasan UU memang membuat PPATK tidak leluasa menyerahkan data tentang aliran dana untuk Century. Pasalnya, lembaga tersebut hanya wajib memberikan laporan kepada Kepolisian dan Kejaksaan. Karenanya Ade menyarankan agar PPATK berani membuat terobosan.

“Harus ada terobosan. Saya tahu ini menyangkut kerahasiaan yang sudah di atur dalam UU, tapi desakan masyakat luas agar PPATK membuka atau lebih tepatnya membantu BPK, patut dipertimbangkan oleh pimpinan PPATK.”, kata Ade.

JAKARTA – Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas dana talangan untuk Bank Century ternyata tidak seperti harapan banyak kalangan tentang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News