Golkar, PPP dan PAN Membangun Koalisi, Nyarwi: Memberikan Warna Baru di Pilpres 2024

Golkar, PPP dan PAN Membangun Koalisi, Nyarwi: Memberikan Warna Baru di Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) berbincang dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kiri) didampingi jajaran pengurus partai saat mengelar pertemuan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi lebaran dan pembahasan koalisi Bersatu (Beringin, Ka'bah, dan Matahari). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad mengatakan pertemuan tiga partai, yakni Golkar, PPP dan PAN, sangat potensial memberikan warna baru yang menjadikan arus dan dinamika politik jelang Pilpres 2024 bisa berbeda dengan menjelang Pilpres 2019 lalu. 

“Pertemuan ini paling tidak menyiratkan empat hal,” kata Nyarwi dalam keterangannya kepada JPNN.com, Sabtu (14/5). 

Pertama, pertemuan ini sangat menarik karena dilakukan oleh parpol-parpol yang masing-masing dari mereka tidak memiliki tokoh-tokoh populer dengan tingkat elektabilitas unggulan yang dapat diandalkan untuk memenangkan Pilpres 2024 mendatang. 

Menurutnya, kondisi ini tentu saja bisa memunculkan dua konsekuensi bagi para tokoh-tokoh yang selama ini oleh data survei dari lembaga kredibel dipandang sudah cukup populer dan memiliki elektabilitas potensial. 

Dia mengatakan jika ketiga partai tersebut menyelenggarakan konvesi capres secara terbuka dan demokratis, para tokoh-tokoh potensial yang sudah populer dan memiliki potensi akselerasi elektabilitas bagus namun bukan ketua umum partai, akan memiliki peluang besar untuk dapat dicalonkan dari koalisi yang dibangun oleh Golkar, PPP dan PAN ini. 

“Sebaliknya, jika ketiga partai ini bersepakat untuk mencalonkan pasangan capres-cawapres dari dari kalangan pemimpin maupun tokoh partai tersebut, maka peluang mereka untuk mendapatkan tiket capres atau cawapres dari koalisi dari ketiga partai ini akan lenyap,” paparnya. 

Menurutnya, jika melihat tingkat popularitas dan elektabilitas dari pimpinan Golkar, PAN dan PPP, tampaknya kondisi yang kedua tersebut kecil kemungkinan akan terjadi. 

Dia berpendapat kemungkinan yang justru terjadi adalah jalan tengah, yang mana ketiga partai ini akan melakukan konvensi untuk mendapatkan capres yang paling potensial memenangkan Pilpres 2024. 

Nyarwi menilai koalisi Golkar, PPP dan PAN memberikan warna baru di Pilpres 2024. Dia menganalisis ada empat hal tersirat dari pertemuan ketiga partai itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News