Golkar Terbanyak Menangkan Pilkada

Golkar Terbanyak Menangkan Pilkada
Golkar Terbanyak Menangkan Pilkada
JAKARTA -- Dari 92 pemilukada yang sudah digelar pada 2010 ini, calon yang diusung Partai Golkar paling banyak memenangkan pertarungan, yakni mencapai 38,46 persen. Angka itu tidak hanya calon yang diusung Partai Golkar sendirian, tapi termasuk yang diusung secara berkoalisi dengan partai lain.

Dibawah Golkar, menyusul calon dari PDIP (34,07 persen), Partai Demokrat, PAN dan PPP (24 persen), dan PKS (21 persen). Sedang calon independent hanya memenangkan 4 persen saja. "Jika ditotal lebih dari 100 persen karena yang kita hitung tidak hanya calon yang diusung sendiri oleh partai tertentu, tapi juga calon yang diusung partai koalisi," ujar Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jeirry Sumampow dalam diskusi bertema 'Evaluasi Pilkada 2010' di pressroom KPU, Jakarta, Senin(14/6).

Dia memberi contoh, misalnya ada calon yang menang merupakan calon yang diusung Golkar dan PDIP, maka dua partai itu dihitung sebagai pemenang.

TePI juga mencatat beragam model pelanggaran dalam pemilukada 2010. Antara lain, terbanyak tetap mengenai Daftar Pemilih Teta (DPT) yang mencapai 13,1 persen. Disusul money politics (8,7 persen), surat suara (7,6 persen), dan intimidasi/kerusuhan sebanyak 7 persen. Dia menyebutkan, kerusuhan pemilukada 2010 lebih parah dibanding pemilukada 2005.

JAKARTA -- Dari 92 pemilukada yang sudah digelar pada 2010 ini, calon yang diusung Partai Golkar paling banyak memenangkan pertarungan, yakni mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News