Harap Penyelesaian lewat Kultural

Harap Penyelesaian lewat Kultural
Harap Penyelesaian lewat Kultural
JAKARTA - Upaya rekonsiliasi struktural di tubuh PKB oleh Komite Islah yang dikomandani Lukman Edy dkk masih menemui jalan gelap. Ketua PB NU Saifullah Yusuf mengusulkan, penyatuan kubu-kubu yang terbelah selama ini cukup ditempuh lewat jalur kultural.

"Sebenarnya tidak perlu sampai lewat kongres atau muktamar. Masih bisa dengan musyawarah dan istikharah," ujar Saiful kemarin (13/6). Dia yakin, jalur kultural bisa lebih efektif sebagai pijakan untuk menyelesaikan kebuntuan proses rekonsiliasi hingga saat ini. 

Dengan cara tersebut, Gus Ipul "sapaan akrab Saifullah Yusuf" mengharapkan semua pihak tidak akan lagi menggunakan pijakan mempertahankan atau memperebutkan jabatan sebagai landasan islah. "Sebab, syarat islah, semua harus mau mundur selangkah, lepaskan baju," tandas mantan Sekjen DPP PKB itu.

Dia lantas memaparkan alasan pihaknya pesimistis terhadap langkah Komite Islah.  Termasuk, bisa terlaksananya muktamar akbar yang menjadi konsep utama komite tersebut.

JAKARTA - Upaya rekonsiliasi struktural di tubuh PKB oleh Komite Islah yang dikomandani Lukman Edy dkk masih menemui jalan gelap. Ketua PB NU Saifullah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News