Rabu, 18 Oktober 2017 – 21:43 WIB

Google Doodle Hari Ini: Merayakan Karya Bagong Kussudiardja

Senin, 09 Oktober 2017 – 16:27 WIB
Google Doodle Hari Ini: Merayakan Karya Bagong Kussudiardja - JPNN.COM

Doodle pria tua berkaca mata sedang memegang kuas menghiasi laman situs pencari google.co.id, Senin (9/10). Di belakangnya ada lukisan sejumlah figur berpakaian tradisional tengah menari.

Pria tua itu adalah maestro tari yang juga pelukis Indonesia, almarhum Bagong Kussudiarja. Hari ini 89 tahun lalu, Bagong dilahirkan di Yogyakarta.

Dilansir Wikipedia, Bagong memulai kariernya sebagai penari Jawa klasik di kampung halamannya pada 1954.

Dia berkenalan dengan seni tersebut melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo, yang dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo, seniman tari ternama.

Bagong lantas mendirikan Pusat Latihan Tari (PLT) pada 5 Maret 1958 dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 2 Oktober 1978.

Selama hidupnya, lebih dari 200 tari telah diciptakan, dalam bentuk tunggal atau massal, diantaranya tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

Dia adalah ayah dari Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto. Kakek enam cucu ini juga pelukis, bahkan termasuk perintis seni lukis batik kontemporer.

Bagong juga pernah bermain film, antara lain dalam Kugapai Cintamu. Pada 1985, dia menerima Hadiah Seni Pemerintah RI, dan penghargaan Sri Paus Paulus VI atas fragmennya Perjalanan Yesus Kristus.

SHARES
loading...
loading...
Komentar