Hormati Saul Bass dengan Google Doodle

Hormati Saul Bass dengan Google Doodle
Ilustrasi: Google Doodle
PERUSAHAAN penyedia situs pencarian, Google, memberikan penghormatan khusus kepada mendiang Saul Bass. Demi peringatan hari ulang tahun Saul Bass, Google mengganti tampilan Google Doodle dengan tema tentang disainer grafis peraih Oscar itu.

Saul Bass lahir pada 8 Mei 1920 di New York. Ia meninggal pada 1996 saat usianya menginjak 75 tahun. Hari ini merupakan hari ulang tahun Bass ke-93.

Bass dikenal sebagai orang yang merancang desain gambar untuk sebuah film yang dibintangi oleh Alfred Hitchcock dan Martin Scorsese. Ia pertama kali bekerja untuk iklan film Hollywood sekitar tahun 1940-an. Sedangkan gelar pertama yang ia didapatkan adalah saat dirinya sukses merancang disain untuk Otto Preminger pada film Carmen Jones, tahun 1954.

Setidaknya sekitar 50 judul film dengan disain gambar inovatif merupakan hasil karyanya. Selain itu, ada beberapa film lain yang menggunakan disain ciptaannya, seperti Vertigo karya Alfred Hitchcock, GoodFellas dan Casino besutan Martin Scorsese, serta The Shining karya Stanley Kubrick.

Tidak hanya itu, Bass juga merancang logo iklan untuk Geffen Records, United Airlines dan AT & T. Selain membuat disain gambar untuk poster film, Bass juga seorang pembuat film. Pada tahun 1968 ia meraih Academy Award untuk film dokumenter pendek.

Google pertama kali diresmikan pada tahun 1998 untuk menghormati Burning Man Festival. Sejak saat itu, perusahaan asal Amerika Serikat itu  telah menampilkan Doodle untuk mengenang nama-nama besar seperti John Lennon, Charlie Chaplin, Robert Moog, serta even besar seperti  festival Olimpiade London 2012. (nam/jpnn)

Google memberikan penghormatan khusus kepada mendiang Saul Bass dengan menampilkan Google Doodle.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News