ESA Bakal Luncurkan Satelit Pemantau Kondisi Hutan Bumi

ESA Bakal Luncurkan Satelit Pemantau Kondisi Hutan Bumi
ESA Bakal Luncurkan Satelit Pemantau Kondisi Hutan Bumi
LONDON - Badan Luar Angkasa Eropa (ESA) menyetujui proposal peluncuran satelit untuk memantau nasib hutan di bumi. Satelit ini dibekali sistem radar baru yang mampu mendeteksi batang dan cabang besar pohon di bumi dari orbit. Wahana yang diberi nama "Weigh" ini,  diharapkan bisa memulai misinya pada 2020 mendatang.

Dari data satelit tersebut, para peneliti berharap dapat memahami peran pohon dalam siklus karbon bumi di tengah laju deforestasi, dan perubahan iklim planet. Data biomassa juga dipergunakan untuk menghitung jumlah karbon yang tersimpan di hutan dunia, untuk memantau setiap perubahan selama misi lima tahun.

"Biomassa akan memberi kita pemahaman yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang kondisi hutan dunia dan bagaimana mereka berubah," kata Prof Shaun Quegan, seperti dilansir BBC (7/4).

Hal ini bakal memberi dasar kuat dalam pembuatan traktat untuk membantu negara-negara berkembang melestarikan hutan mereka, seperti inisiatif Pengurangan Emisi PBB dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD +).

LONDON - Badan Luar Angkasa Eropa (ESA) menyetujui proposal peluncuran satelit untuk memantau nasib hutan di bumi. Satelit ini dibekali sistem radar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News