Google Doodle Peringati 194 Tahun Bandul Foucault

Google Doodle Peringati 194 Tahun Bandul Foucault
Google Doodle Peringati 194 Tahun Bandul Foucault

jpnn.com - CALIFORNIA - Anda lagi browsing internet hari ini? Lihat halaman Google, ada tampilan yang tidak biasa di situ dimana tampak simbol interaktif yang biasa dikenal sebagai doodle. Nah, kali ini Google memuat pendulum atau bandul Foucault.

Bandul atau pendulum Foucault merupakan suatu alat yang berguna untuk menunjukkan arah rotasi Bumi. Alat ini ditemukan oleh Jean Bernard Léon Foucault. Alat eksperimen ini terdiri atas bandul panjang yang bebas bergerak ke sana kemari pada latar vertikal. Baik di Kutub Utara maupun Selatan, latar osilasi bandul tetap terpasang dengan memandang pada bintang tetap ketika Bumi berotasi di bawahnya dan memerlukan waktu sehari untuk menyelesaikan rotasi.

Ketika bandul Foucault digantungkan di khatulistiwa, latar osilasi tetap terfiksasi secara relatif ke Bumi. Pada garis lintang lain, latar osilasi mempresesi Bumi secara relatif, namun lebih lambat daripada di kutub. Pertunjukan pertama bandul Foucault kepada khayalak terjadi pada bulan Februari 1851 di Ruang Meridian yang ada di Observatorium Paris.

Beberapa minggu kemudian, Léon Foucault membuat bandul terkenalnya ketika ia menggantung potongan rambut seberat 28 kg dengan kabel sepanjang 67 meter dari kubah Panthéon di Paris.

Menurut laman independent (17/9), Foucault sendiri merupakan putra seorang penerbit di Paris, lahir pada tanggal 18 September 1819 dan awalnya menekuni studi kedokteran , namun terpaksa menyerah setelah mendapati dirinya yang takut melihat darah .

Karirnya sebagai seorang fisikawan dimulai tak lama setelah dirinya berkolaborasi dengan Alfred Donne dan Hippolyte Fizeau . Pada 1850, dia melakukan percobaan yang dianggap sebagai terobosan teori Newton tentang cahaya ketika berhasil membuktikan jika perjalanan cahaya lebih lambat melalui air daripada melalui udara .

Foucault meninggal karena multiple sclerosis pada 11 Februari 1868 di usia 48 dan dimakamkan di Cimetière de Montmartre, Perancis. Namanya diabadikan sebagai nama Asteroid 5668 Foucault. Selain itu dia merupakan salah satu dari 72 nama yang tertulis di atas Menara Eiffel. (esy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Google Beli Aplikasi Bump

CALIFORNIA - Anda lagi browsing internet hari ini? Lihat halaman Google, ada tampilan yang tidak biasa di situ dimana tampak simbol interaktif yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News