Google Glass Rentan Langgar Privasi

Google Glass Rentan Langgar Privasi
Google Glass. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - SAN FRANSISCO--Google memperkenalkan fitur baru di produk kacamata Google Glass, yang memungkinkan pengguna memotret dengan kedipan mata.

Fitur itu lebih cepat dari tombol kamera atau perintah suara dan bahkan bisa tetap digunakan ketika layar sedang dimatikan. Inovasi di Google Glass ini juga ditambah dengan kemampuan untuk mengunggah dan berbagi video di YouTube. Menurut Google, fitur kedipan mata ini juga bisa diperluas fungsinya di masa depan.

"Bayangkan hari ketika anda naik taksi dan anda cuma mengedip ke arah argo untuk membayar," kata Google di blog mereka seperti dimuat laman BBC, Rabu (18/12)

Dijelaskan, perusahaan-perusahaan teknologi dewasa ini sangat berminat untuk mencaplok pasar produk teknologi yang bisa dikenakan, dan dipandang sebagai area pertumbuhan utama. Perusahaan lain yang ingin merebut pasar teknologi yang bisa dipakai adalah Heapsylon di AS.

Mereka membuat kaos kaki bersensor untuk membantu pengguna memantau keseimbangan mereka saat berjalan atau berlari. Sedangkan perusahaan Cina Shanda meluncurkan Geak Ring, alat berbentuk cincin untuk membuka data di ponsel yang terkunci agar bisa dilihat orang lain.

"Anda mengedip ke sepasang sepatu di jendela toko dan ukuran anda langsung dikirim ke pintu anda. Anda mengedip pada resep di buku masakan, dan instruksinya tampil di hadapan anda, tanpa tangan, tanpa repot," tambahnya.

Hanya saja, beberapa analis keamanan teknologi menyatakan peluncuran Google Glass disertai kekhawatiran atas dampaknya terhadap privasi. Itu dipicu potensi untuk mengumpulkan gambar, video dan data lain hampir apa pun yang dilihat penggunanya.

"Kemampuan untuk mengambil foto dengan hanya mengedipkan mata akan membuat sangat sulit bagi orang-orang yang difoto untuk melihat bahwa seseorang telah mengambil foto mereka. Ini adalah kemajuan yang luar biasa dari teknologi dan kemungkinan inovasi sekitarnya terbatas," ujar Manoj Menon, Managing Director perusahaan konsultan Frost & Sullivan.

SAN FRANSISCO--Google memperkenalkan fitur baru di produk kacamata Google Glass, yang memungkinkan pengguna memotret dengan kedipan mata. Fitur itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News