Gowes Nusantara 2019 di Kendari Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

Gowes Nusantara 2019 di Kendari Tumbuhkan Ekonomi Kreatif
Gowes Nusantara 2019 Etape Kendari: Foto: dokumen Kemenpora

jpnn.com, KENDARI - Antusiasme warga Kendari, Sulawesi Tenggara dalam mengikuti program andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gowes Nusantara 2019, patut diacungi jempol.

Hal itu bisa dilihat dari membludaknya warga di titik start yang berlangsung di Pelataran Tugu Religi, depan Kantor Wali Kota Kendari, sejak pukul 05.30 WITA, Minggu (15/9).

Gowes yang mengambil tagline "Ayo Bergerak, Dimana Saja dan Kapan Saja" itu dilepas Plt Asisten Deputi Olahraga Rekreasi (Asdep Orek) Kemenpora Edi Nurindra baru digelar pukul 07.00 WITA.

Pada kesempatan itu, Walikota Kendari Sulkarnain turun langsung memimpin kegiatan gowes sejauh 10 km. Rute yang dilewati mulai Pelataran Tugu Religi, depan Kantor Walikota Kendari menuju Kendari Beach melalui Jalan Abunawas - Polsek Mandonga - Jalan By Pass - Hotel Claro - Kendari Beach - Titik Putar di Lapangan Benu Benua - Eks Kantor Dikbud Provinsi - SMAN 1 Kendari - Kodim 1417 Kendari - Masjid Agung Alkautsar dan kembali finis di depan Kantor Walikota Kendari.

Walikota Kendari Sulkarnain mengapresiasi kegiatan Gowes Nusantara yang merupakan program prioritas Kemenpora. Ini merupakan edisi ketiga yang digelar di Kendari, setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2017 dan 2018.

"Ke depan kami berharap kegiatan ini bisa ditingkatkan lagi dengan promosi supaya lebih meriah. Kami juga perlu mengapresiasi kegiatan gowes karena bisa dimanfaatkan warga untuk berolahraga dan bersilaturahmi," ujar Sulkarnain.

Walikota menambahkan, Gowes Nusantara juga bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan karena banyak pedagang kaki lima yang diperbolehkan menjajakan dagangannya di sekitar lokasi. Dengan demikian, warga bisa mendapatkan pemasukan hasil dari menjual makanan, minuman, pakaian hingga suvenir. "Event seperti ini perlu digalakkan karena bisa menumbuhkan ekonomi kreatif. Kami berharap tahun berikutnya bisa kembali digelar di Kendari," katanya.

Di acara itu, Sulkarnain juga mengajak warganya untuk memungut sampah usai kegiatan berakhir. Dengan demikian, jalanan di Kota Kendari tetap terlihat bersih dan enak dipandang. "Saya berpesan pada kegiatan ini, mari kita jaga perilaku untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban sehingga kita akan selalu dipercaya mengadakan kegiatan nasional di masa-masa yang akan datang," tutur Walikota.

Antusiasme warga Kendari, Sulawesi Tenggara dalam mengikuti program andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gowes Nusantara 2019, patut diacungi jempol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News