Gowes Pesona Nusantara 2017 di Palu Berlangsung Meriah

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Palu Berlangsung Meriah
Gowes Pesona Nusantara. Foto: istimewa for jpnn

jpnn.com, PALU - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (6/8) berlangsung dengan meriah. 150 ribu peserta ambil bagian, bukan hanya manusia, tapi juga ikan di laut Palu, kapal laut, terumbu karang bangsa spongebob dan juga patrick.

Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (6/8) benar-benar mampu menggugah semangat berolahraga masyarakat di sana. Lebih dari 2000 peserta turut mengikuti program andalan Kemenpora yang masuk dalam kampanye besar Ayo Olahraga.

Etape Palu sendiri dimulai dari teluk Palu atau anjungan pantai Nusantara. Rute yang dilewati kemudian Menyusuri Bundaran Inkindo, Wisata Religi sejarah masuknya Islam di Sulteng, Makam Dato Karamah, Masjid Agung Darussalam dan Museum Sulteng, kemudian finis kembali di anjungan.

Total jarak yag harus ditempuh pegowes dalam etape ini tak kurang dari 13,2 Kilometer. Dengan jarak yang panjang tersebut dan jumlah peserta yang mencapai ribuan, dinilai oleh Sekretaris Daerah Kota Palu Asri Sawaya sebagai even olahraga terbesar.

"Sebelumnya, ada lomba renang dengan jarak 5,3 kilometer. Pesertanya cuma 200 orang, kalau Gowes bisa luar biasa banyak dan menarik masyarakat olahraga. Kami berharap olahraga lain bisa sukses seperti Gowes Nusantara ini," katanya, di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kerja Sama Kelembagaan Kemenpora Adiati Noerdin mengapresiasi antusiasme masyarakat di sana. Dia juga melihat, bahwa kehadiran Gowes mampu direspon baik oleh masyarakat.

"Kampanye Ayo Olahraga benar-benar bisa diterima dan direspon baik oleh masyarakat. Karena itu antusiasme di Palu cukup bagus," tandasnya.

Sementara itu, Kota Palu juga menggabungkan pelaksanaan GPN dengan Gala Desa yang diikuti 46 kelurahan dari delapan Kecamatan. Di antaranya Palu Utara, Palu Selatan, Taweli, Tatanga, Ulu Jadi dan Mantikulore.

Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (6/8) berlangsung dengan meriah. 150 ribu peserta ambil bagian, bukan hanya manusia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News