Green Airport Bandara Blimbingsari Ditargetkan Beroperasi Maret 2016

Green Airport Bandara Blimbingsari Ditargetkan Beroperasi Maret 2016
Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -  Pembangunan terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditargetkan bakal rampung akhir tahun 2015. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar menargetkan terminal yang berkonsep green airport tersebut bisa dioperasikan pada Maret 2016.

"Perkembangan jumlah penumpang di bandara kami juga semakin meningkat," ujar Anas saat ditemui di JCC, Jakarta, Jumat (21/8).

Pada 2011, jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi mencapai 7 ribu orang. Tiga tahun berikutnya menjadi 87 ribu. Anas yakin, keberadaan green airport tersebut akan sangat mendongkrak jumlah wisatawan yang datang.

"Kenaikan jumlah penumpang dari 2011 ke 2014 ini setelah kami promosi wisata. Nah setelah green airport itu nanti beroperasi dan menjadi landmark, pasti wisatawan akan melonjak drastis," kata Anas.

Pria berkacamata ini menambahkan, selain konsep hijau, arsitektur Bandara Blimbingsari Banyuwangi juga mengadopsi kearifan lokal. Yaitu arsitektur khas Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi. Selain itu, atap bandara juga mengadopsi penutup kepala khas masyarakat Suku Osing.

"Kami juga mengakomodasi budaya masyarakat yang selalu mengantar kerabatnya yang akan bepergian. Jadi nanti pengantar tidak bergerombol di terminal, tapi ada ruang khusus untuk para pengantar. Kami harapkan bisa segera beroperasi," harap Anas.(chi/jpnn)


JAKARTA -  Pembangunan terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditargetkan bakal rampung akhir tahun 2015. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News