GRP Jadi Perusahaan Baja Pertama Raih Sertifikasi EPD

GRP Jadi Perusahaan Baja Pertama Raih Sertifikasi EPD
PT Gunung Raja Paksi, Tbk (GRP). Foto dok GRP

jpnn.com - PT Gunung Raja Paksi, Tbk (GRP) menjadi perusahaan baja pertama di Indonesia, yang meraih sertifikasi EPD (Environmental Product Declaration).

Raihan EPD tersebut merupakan Label Lingkungan Tipe III, yang menunjukan kinerja lingkungan produk baja sepanjang daur hidupnya.

Raihan sertifikasi internasional bidang lingkungan tersebut, sekaligus membuktikan komitmen keberlanjutan pabrik baja swasta terbesar di Indonesia itu.

“Label EPD ini membantu pelanggan kami untuk mendapatkan informasi yang transparan mengenai kinerja lingkungan GRP. Selain itu, Label EPD juga membantu proses pengambilan keputusan yang mempertimbangkan iklim secara tepat,” ujar Presiden Direktur GRP, Abednedju Giovano Warani Sangkaeng.

Menurut Argo, panggilan akrabnya, EPD merupakan informasi yang diverifikasi terkait kinerja lingkungan dari suatu produk kepada konsumen, sesuai standard ISO 14025.

Dokumen EPD dibuat berdasarkan metode Life Cycle Assessment (LCA), yang komprehensif sesuai dengan ISO 14040:2006, ISO 14044:2006 dan Standar  EN 15804:2012+A2:2019.

Dengan memperoleh sertifikasi ini, lanjut Argo, GRP dapat menyuplai kebutuhan material baja untuk projek pembangunan gedung atau konstruksi hijau.

Khususnya di pasar Australia dan New Zealand.

Penerapan EPD, tak lepas dari tujuan GRP untuk meningkatkan tujuan keberlanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News